0336-881260 ambulusman@gmail.com

SMANA dalam Event

Rabu, 16 Oktober 2019 08:20

Siswa SMAN Ambulu lebih mengenal sejarah lokal Jember dengan mengikuti

  Explore The Cultural Heritage and History of Jember

Tahun 2019

 

          Kegiatan yang berjudul,Explore The Cultural Heritage and History of Jember  sebagai momentum bagi kajian warisan budaya dan sejarah yang ada di Jember. Event ini diselenggarakan oleh komunitas lokal di Jember yaitu komunitas Bhattara Saptaprabhu dan didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada event ini melibatkan pelajar SMA di Jawa Timur, yang dalam tahap awal harus mengikuti lomba Esai dengan lingkup bahasan tentang sejarah dan budaya lokal Jember. Kemudian, dipilih secara selektif 30 peserta yang didampingi pembimbing dari berbagai sekolah yang telah mendaftar.

          Siswi dari SMAN Ambulu yang mengikuti lomba Esai di even  “Explore The Cultural Heritage and History of Jember ada 4 siswi yaitu Dinda Masyrofatul Umami (XII IPS 4), Karimatus Salisa (XII IPS 4), Arini Dwi Kusmaning Ayu (XII IPS 4) dan Eva Fatmawati Putri (XI IPS1). Keempat siswi tersebut lolos 30 besar lomba esai ini, kemudian mereka berhak untuk ikut dalam jelajah warisan budaya dan sejarah yang ada di Jember, serta rangkian acara yang lain dari tgl 11-13 Oktober 2019. Keempat siswi yang lolos dari SMAN Ambulu didampingi guru mata pelajaran Sejarah yang ikut bersama yaitu Euis Sundani, S.Pd. dan Ria Rosita, M.Pd.

          Kegiatan jelajah warisan budaya dan sejarah yang ada di Jember di hari Jumat, 11 Oktober 2019. Di hari pertama ini situs yang dikunjungi yaitu Situs Duplang di desa Kamal, Kec. Arjasa, Situs Seputih di Desa Mayang dan Museum Pandalungan. Selain untuk melihat dan mendengar penjelasan dari pemandu, peserta juga harus mengikuti lomba Vlog dan foto objek sejarah yang telah dibuat oleh penelitian evan “Explore The Cultural Heritage and History of Jember.

          Di hari kedua kegiatan jelajah warisan budaya dan sejarah yang ada di Jember yang dikunjungi yaitu Prasasti Batu Gong di Rambipuji, Situs Beteng di Desa Semboro, Candi Deres di Desa Gumukmas dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakau Jember Kec. Rambipuji.

          Di malam harinya ada seminar dengan 3 pemateri. Pemateri pertama yaitu Dr. Retno Winarni, M.Hub. menyampaikan materi dengan tema “Menelusuri Perjalanan Sejarah Jember: dari Distrik sampai Menjadi Kabupaten” dan pemateri yang kedua yaitu Prof. Nawiyanto. M.A., Ph.D yang menyampaikan materi dengan tema “Penelitian Sejarah Lokal”. Kedua pemateri tersebut adalah dosen FIB UNEJ. Pemateri yang yang ketiga adalah Adrian Perkasa, S.Hub,Int., S.Hum,. M.A. yang menyampaikan materi dengan tema  “Museum sebagai Ruang Kolaborasi”. Beliau adalah seorang sejarawan dan dosen Unair.

          Selanjutnya di hari ketiga saat penutupan dan acara menyerahan hadiah untuk lomba foto objek sejarah yang wajib diposting di sosial media (Instagram) dan lomba vlog yang disesuaikan dengan kelompok.

 

Ditulis oleh : Euis Sundani, S.Pd.

Diedit oleh  : Drs. Miswanto 


Berita Terkait