0336-881260 ambulusman@gmail.com

JEJAK SANG PAHLAWAN

Kamis, 10 Februari 2022 11:24

SMANA dalam "JEJAK SANG PAHLAWAN" Pameran Virtual Tokoh-Tokoh Sumpah Pemuda

 

 

Dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 dan bentuk aspirasi Museum Sumpah Pemuda kepada tokoh-tokoh peristiwa Sumpah Pemuda atas jasa dan pengabdiannya bagi Indonesia, Museum sumpah Pemuda mengadakan pameran daring tokoh-tokoh Sumpah Pemuda dengan tajuk “JEJAK SANG PAHLAWAN”. Acara ini diikuti oleh semua SMA dari berbagai daerah di Indonesia. SMA Negeri Ambulu juga turut mengikuti pameran daring ini. Siswa-siswi SMA Negeri Ambulu yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 30 orang dari kelas X dan XI.

 

Kegiatan pameran ini dilakukan secara virtual atau daring karena, masih masa pandemi covid-19. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat siswa-siswi SMA Negeri Ambulu. Pada tanggal 11 November 2021, secara resmi kegiatan pamaran virtual ini dibuka oleh Direktur Jendral Kebudayaan kemdikbudristek, Bapak Hilmar Farid dan sambutan dari ketua Museum Sumpah Pemuda oleh ibu Titik Umi Kurniawati serta, akan diisi beragam kesenian dan karya yang bernuansa patriotik nasionalis.


Kegiatan inti dari pameran daring “Jejak Sang Pahlawan” adalah kunjungan virtual pameran di Museum Sumpah Pemuda yang dilakukan tanggal 2 Desember 2021. Siswa-siswi diajak untuk melihat isi dari Museum Sumpah Pemuda secara virtual lewat aplikasi Zoom dan diberikan penjelasan tentang tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa Kongres Pemuda I tanggal 30 April 1926 oleh nara sumber, serta terdapat diskusi (Tanya Jawab dengan narasumber) dan kuis online yang diikuti semua siswa dan siswi dari berbagai sekolah. Dengan mengikuti kegiatan ini siswa dan siswi diajarkan untuk mengenal dan mengerti tokoh-tokoh yang berjasa pada Peristiwa Kongres Pemuda I, seperti Muhammad Yamin, Sumardi Mangunsarkoro, Moewardi, Arnold Manguntu dan Johannes Leimena. Sehingga, diharapkan siswa dan siswi sebagai generasi muda dapat mengisi kemerdekaan dengan semangat melanjutkan perjuangan di masa kini.

 

Ditulis oleh : Euis Sundani, S.Pd.

Diedit oleh : Drs. Miswanto


Berita Terkait