0336-881260 ambulusman@gmail.com

DONOR DARAH PRASMANA 2022

Minggu, 09 Oktober 2022 10:33

Kegiatan Donor Darah ini merupakan kerja sama PMI Jember dan PMR SMA Negeri Ambulu ,kegiatan ini dilakukan sejak tahun 2000. Donor darah dilaksanakan pada hari Selasa,tepatnya 27 September 2022 pukul 09.00 WIB-selesai.  Sebelum donor darah, pendonor menimbang berat badan,tes darah,pendaftaran,serta interview yang dilakukan di  Aula Candradimuka . Pendonor bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke anggota  PMR . Apresiasi warga sekolah dengan adanya kegiatan ini sangat tinggi,karena banyak dari mereka yang ikut mendonorkan darahnya agar bermanfaat bagi orang yang sedang membutuhkan darah tersebut.

Apresiasi itu ditunjukkan oleh para siswa,guru,bahkan siswa sekolah terdekat. Mereka dengan senang hati mengikuti kegiatan tersebut karena mereka sudah mengetahui manfaat dari donor darah dan mengajarkan untuk saling menolong antar sesama. 

https://www.smanambulu.sch.id/uploads/images/artikel/dwi-s2.jpeg

Syarat untuk menjadi pendonor darah adalah sebagai berikut:

  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Usia 17 sampai dengan 65 tahun.
  • Berat badan minimal 45 kg.
  • Tekanan darah :
  • sistole 100 - 170.
  • diastole 70 - 100.
  • Kadar haemoglobin 12,5g% s/d 17,0g% Jika semua itu sudah terpenuhi ,maka donor darah dapat dilakukan. 

Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darahDonor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor.

Zat besi yang berlebih di dalam darah bisa membawa dampak buruk, salah satunya kulit yang terlihat kusam. Kondisi ini bisa dihindari dengan rutin melakukan donor darah, sehingga kulit akan lebih sehat dan tidak kusam, karena salah satu manfaat donor adalah mencerahkan kulit.


Berita Terkait