0336-881260 ambulusman@gmail.com

Jawa Pos SMA Awards 2021

Selasa, 22 Februari 2022 09:47

PRESTASI SMA NEGERI AMBULU

KABUPATEN JEMBER

Nama siswa : Harun Budiseto

Jurusan : MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)

Asal sekolah : SMA Negeri Ambulu

Bidang lomba : Jawa Pos SMA Awards 2021

Jawa Pos SMA Awards merupakan kompetisi tahunan yang diadakan oleh Jawa Pos yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Ajang ini sebagai bentuk apresiasi Pemprov Jatim melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Jatim atas kerja keras lembaga pendidikan SMA, dan semangat siswa dalam melahirkan berbagai inovasi dan prestasi baik akademik maupun non akademik.

Digelar di tahun ketiga, SMA Awards 2021 kali ini diikuti 26.215 peserta dari 1.528 lembaga yang berada di 38 kabupaten/kota di Jatim dengan rincian 423 SMA negeri dan 1.105 SMA swasta. Mereka berkompetisi di 30 kategori lomba. Di antaranya Lomba OSIS Eksis, Monolog, Teater, Podcast, Cerdas Cermat Kebangsaan, Kompetisi Sains, Duta Pelajar Putra dan Putri, Komik Strip, Fotografi, Menyanyi Solo dan Gitar Solo.

Salah satu lomba yang berhasil di raih oleh siswa berprestasi SMA Negeri Ambulu, Kabupaten Jember adalah cabang lomba Stand Up Comedy. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19 lomba ini dilaksanakan secara daring. Mulai dari informasi pendaftaran hingga penentuan 5 besar, seluruhnya dilakukan secara online. Informasi pendaftaran disiarkan secara langsung melalui web SMA Awards 2021. Tema yang diusung pada cabang lomba Stand Up Comedy Jawa Pos SMA Awards 2021 adalah Tangguh. Penyusunan materi Stand Up pun dilakukan. Keresahan demi keresahan dituangkan pada secarik kertas folio. Mulai dari adanya dua mata pelajaran matematika  (Minat dan Wajib) di kelas, sampai kehidupan sehari-hari dirumah tergambar pada materi Stand Up Ananda Harun Budiseto.

Pada babak penyisihan Ananda Harun Budiseto berhasil masuk 5 besar dan berkesempatan masuk final. Pada saat final, lomba dilaksanakan secara luring yang bertempat di News Room Jawa Pos TV Gedung Grahapena Lt. 4 Surabaya pada tanggal 7 Desember 2021. Pada kesempatan tersebut, tema yang diberikan oleh panitia adalah pelajar cerdik saat pandemi. Setiap peserta diberikan waktu masing-masing 5 menit untuk open mic / stand up comedy di hadapan juri secara langsung. Ketegangan nampak dari raut wajah setiap peserta. Harapan terbaik selalu terucap dalam setiap do’a. satu hal positif yang bisa diambil peserta saat itu adalah setelah kompetisi selesai persainganpun usai. Mereka keluar dari ruang dengan wajah riang, saling memuji dan mendukung seolah-olah mereka tidak sedang berlomba.

 Akhirnya, waktu yang ditunggu tiba. Keesokan harinya, Rabu, 8 Desember 2021 pada pukul 14.30 WIB dari web Jawa Pos SMA Awards 2021 diumumkan 3 besar nominator juara dan pemanggilan penganugerahan SMA AWARD 2021. Dalam pengumuman tersebut Ananda Harun Budiseto masuk 3 besar. Bersama dengan 2 peserta lain dari SMA Negeri 1 Ponorogo Kab. Ponorogo dan SMA Negeri 1 Pule Kab. Trenggalek. Saat itu juga Ananda Harun Budiseto bersama pembimbing dan Kepala Sekolah melakukan swab anti gen sebagai syarat untuk menghadiri malam penganugerhan yang dilaksanakan di Shangrilla Hotel Surabaya.

Kamis, 9 Desember 2021. Pada saat acara penganugerahan, suasana megah tersaji pada malam itu. 3 besar nominator juara dari 30 kategori lomba hadir bersama pembimbing dan kepala sekolah masing-masing. Semua terlihat sangat bergembira. Pada acara tersebut juga hadir Kepala Cabang Dinas Wilayah Jember. Akhirnya pengumuman juarapun dilakukan, ketegangan sangat dirasakan baik oleh peserta yang hadir dilokasi maupun yang melihat acara tersebut dari rumah melalui akun youtube Jawa Pos. “Juara 3 Stand Up Comedy Jawa Pos SMA Awards jatuh kepada SMA Negeri Ambulu.” Begitulah kira-kira yang diucapkan oleh pembawa acara saat itu. Ananda Harun Budiseto pun maju dan menerima thropy dan piagam yang diserahkan secara langsung oleh Ibu Khofifah Indar Parawangsa Gubernur Jawa Timur.

Pada awal tahun 2022, Ananda Harun Budiseto kembali mengikuti ajang lomba bertajuk Liga Stand Up Comedy antar SMA/SMK se Kabupaten Jember. Acara tersebut terselenggara atas kerja sama Komedi Kita dan Lippo Plaza. Kompetisi ini dilaksanakan secara langsung / tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol keshatan di Lippo Plaza Jember lt. 1F. pada kompetisi ini, Ananda Harun Budiseto keluar menjadi Juara pertama. by. rizal



Berita Terkait