0336-881260 ambulusman@gmail.com

Siswa-siswi SMAN Ambulu Juara lomba Museum Nasional peringatan lahirnya Pancasila.

Selasa, 22 Maret 2022 21:25

Siswa-siswi SMAN Ambulu Juara lomba Museum Nasional peringatan lahirnya Pancasila.

 

Diskusi Penanaman Karakter tingkat SMA/SMK/MA, yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Musium Nasional. Jalan Merdeka Barat No. 12 Jakarta Pusat 10110. Kegiatan dilaksanakan pada ; Kamis, 17 Juni 2021, jam 09.00 s.d. 11.30 WIB.,  melalui Aplikasi Zoom Meeting.

 

Siswa-siswi SMAN Ambulu mengikuti lomba Museum Nasional yang diikuti kurang lebih  50 SMA/SMK/MA se-Jawa. Lomba ini diadakan oleh Museum Nasional bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila 1 Juni. Kegiatannya mencakup diskusi siswa tingkat SMA/ SMK/MA dengan tujuan menanamkan karakter kepada generasi muda melalui sejarah dan kebudayaan bangsa secara daring dengan tema “Kawula Muda dan Aksi Perubahan”. Selain, kegiatan diskusi Museum Nasional juga membuat lomba video dengan tajuk “Penanaman Karakter dengan mengangkat Kearifan Lokal Daerah”.

 

Perwakilan dari SMAN Ambulu yang mengikuti lomba ini adalah Khisan Afif Ainur Rohim [XI MIPA 6], Rido Apriansyah [XI MIPA 6], Manda Kadistalia [XI MIPA 4], Fierena Riza Gunturi [XI IPS 2], Nila Nurlita Anggraini [XI IPS 4] dan didampingi oleh Ibu Ria Rosita, S.Pd., M.Pd. sebagai guru pembimbing. Video yang dikirimkan oleh siswa-siswi SMAN Ambulu ini berjudul “The Culture of Jember” yang mengangkat tentang budaya lokal dari masyarakat Jember yaitu kesenian patrol, masyarakat nelayan dengan latar pantai selatan Jember dan Situs peninggalan manusia purba zaman Megalitikum.

 

Video “The Cultur of Jember” menjadi Juara 3 Lomba Museum Nasional. Pada video ini dibuat sangat menarik oleh siswa-siswi SMAN Ambulu dengan latar budaya lokal masyarakat Jember yang memperlihatkan sikap gotong royong dan saling menghormati antara masyarakat dengan budaya yang berbeda yaitu budaya Jawa dan Madura yang ada di Jember.

 

Nonton video “The Cultur of Jember” klik link di bawah ini; 

https://www.youtube.com/watch?v=SHuCViBL_e8

 

 

Ditulis oleh : Euis Sundani, S.Pd.

Diedit oleh  : Drs. Miswanto

 

 


Berita Terkait