0336-881260 ambulusman@gmail.com

ASEC Accounting Skill and English Competition 2021

Selasa, 22 Februari 2022 10:18

 

 

Nama siswa : Adriano Vieri Halim

Jurusan : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Asal sekolah : SMA Negeri Ambulu

Bidang lomba : ASEC (Accounting Skill and English Competition) 2021

Lomba kompetisi siswa tingkat nasional adalah sebuah kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan untuk pelajar di seluruh Indonesia dengan berbagai macam bidang lomba yang terdiri dari:

  • Kelompok Sains
  • Kelompok Ilmu Sosial
  • Kelompok Bidang Profesional
  • Kelompok Keagamaan

Salah satu lomba kompetisi siswa tingkat nasional yang berhasil di raih oleh siswa berprestasi SMA Negeri Ambulu, Kabupaten Jember adalah bidang lomba nasional ASEC (Accounting Skill and English Competition) 2021. Lomba kali ini berbeda dengan lomba yang sebelumnya, karena baru pertama dilakukan di masa pandemi. Mulai dari informasi pendaftaran hingga pelaksanaan lomba, seluruhnya dilakukan secara online. Informasi pendaftaran disiarkan secara langsung melalui media sosial Instagram ASEC (Accounting Skill and English Competition) 2021. Adriano melakukan pendaftaran pada gelombang ketiga, yang juga diikuti oleh seluruh siswa SMA/MA se-Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, kemudian bagi peserta yang telah menyelesaikan administrasi pendaftaran digabung dalam sebuah grup untuk kemudahan koordinasi lomba. Dalam grub tersebut diinformasikan berkaitan teknis perlombaan dan juga link soal yang dilombakan.

Seluruh peserta dapat mempersiapkan diri sekitar dua minggu sebelum pelaksanaan lomba. Melalui grub tersebut peserta lomba dipersiapkan untuk dapat memahami teknis pengerjaan soal. Teknis tersebut berkaitan dengan cara menjawab soal dan waktu-waktu penting yang perlu diperhatikan oleh peserta terkait penambahan atau pengurangan poin.

Meskipun lomba ini dilakukan secara daring atau online, namun dapat dijamin keaslian dan kejujuran peserta dalam mengerjakan soal berkat kecanggihan aplikasi CBT yang digunakan. Aplikasi tersebut digunakan dapat melacak dengan akurat seluruh gerakan tetikus (mouse) yang diarahkan oleh setiap peserta. Apabila ada indikasi kecurangan akan langsung muncul peringatan, sehingga seluruh peserta tidak dapat melakukan tindakan kecurangan apapun.

Lomba siswa tingkat nasional ini dilaksanakan dalam 3 babak, yaitu babak penyisihan, babak semi final dan babak final. Pertama, babak penyisihan, yang dilaksanakan mulai pagi hari sampai sore hari. Pada babak ini peserta diberikan soal tes pilihan ganda, dengan durasi kurang lebih satu menit setiap soal. Pada babak ini berhasil terpilih 35 peserta dari seluruh pendaftar. Adriano berhasil menempati posisi nomor 13. Kedua, babak semi final.  Babak semi final diumumkan pada sore hari setelah selesai babak penyisihan. Hal ini bertujuan agar para peserta terpilih dapat mempersiapkan dengan matang babak selanjutnya. Pada babak ini, ke-35 peserta diberikan soal yang diunduh dari google drive yang dikirim melalui link. Adriaono lagi-lagi berhasil menempati posisi atas, yakni peringkat 3 dari 5 peserta terpilih dibabak semi final ini. Ketiga, babak final. Babak final ini dilaksanakan dihari yang sama. Babak ini berjalan dengan sangat menegangkan dan cukup menguras tenaga dari peserta. Hal itu jelas, karena berbeda dari babak penysihan ke babak semi final, yang diberikan waktu istirahat satu malam. Namun pada babak final ini langsung dilaksanakan sesaat setelah pengumuman babak semi final. Pada babak final ini peserta diberikan beberapa pertanyaan studi kasus dan wawancara secara langsung melalui aplikasi zoom. Tentunya, pada babak ini juri yang merupakan dosen Politeknik Negeri Malang dapat secara langsung menilai peserta yang layak menjadi pemenang. Puji syukur yang luar biasa Adriano Vieri Halim siswa SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember berhasil meraih juara 1 dengan jumlah nilai maksimal, pada lomba tingkat nasional ini yaitu ASEC (Accounting Skill and English Competition) 2021. by. rini

 



Berita Terkait